Welcome

Selamat Datang di Blog PSM UGM

"We're more than a choir"

♫♪♫♪Viva La Musica ♫♪♫♪

Selasa, 17 Agustus 2010

Tentang PSM UGM



Paduan Suara Mahasiswa UGM (PSM UGM) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Gadjah Mada yang didirikan sebagai unit pendukung acara-acara protokoler di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada. Saat ini PSM UGM telah berkembang dari pendukung protokoler menjadi salah satu paduan suara terbaik di Indonesia dan tentunya di Yogyakarta.
Dalam memperlihatkan eksistensinya PSM UGM acap kali mengikuti kompetisi di dalam negeri bahkan hingga ke tingkat Internasional The 1st Asian Choir Games (ACG) telah menjadi sarana yang tepat bagi PSM UGM dalam mewujudkan hal tersebut. Asian Choir Games diselenggarakan oleh Interculture Foundation yang merupakan barometer perkembangan musik paduan suara dunia. PSM UGM telah berpartisipasi dalam kemeriahan tersebut dan yang paling membanggakan PSM UGM mendapat penghargaan tertinggi dari kompetisi tersebut.


Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada didirikan pada tanggal 11 September 1971 atas prakarsa Drs. Soeroso yang menjabat rektor UGM saat itu. PSM UGM menjadi sarana bergabungnya para mahasiswa UGM yang ingin menyalurkan minat dan bakatnya di bidang seni suara. PSM UGM merupakan unit kegiatan pendukung acara-acara protokoler di lingkungan kampus UGM, seperti wisuda, penerimaan mahasiswa baru, dan juga pada upacara-upacara hari besar nasional. Selain kegiatan di lingkungan kampus, PSM UGM juga banyak berkiprah di luar kampus dan berkembang menjadi unit kegiatan yang mandiri. 

Pada awal pembentukannya PSM UGM belum memiliki AD/ART. Pada masa kepengurusan Mangara angkatan 21 AD/ART disusun sebagai dasar organisasi yang sah. Secara jelas disebutkan di dalamnya mengenai hak dan kewajiban anggota, struktur, fungsi serta hubungan-hubungan antaranya. Ditegaskan pula bahwa kekuasaan tertinggi ada pada musyawarah anggota PSM UGM yang diselenggarakan setahun sekali pada pertengahan tahun. Setiap musyawarah anggota dipilih lima orang formatur yang kemudian akan memilih lima orang pengurus harian.


Di mana dua tiga orang berkumpul untuk melakukan kegiatan yang disepakati, muncullah sebuah kontrak soaila diantara mereka. Kontrak ini secara langsung maupun tidak langsung memberikan ciri terhadap apa yang mereka lakukan bersama. Disadari atau tidak, kerja sama dua orang atau lebih selalu berjalan seperti ini.
PSM UGM yang anggotanya tidak hanya dua atau tiga orang pada dasarnya juga berjalan sesuai kesepakatan-kesepakatan seperti ini. Hanya saja, kesepakatan itu lebih terstruktur dan tertuang dalam sebuah dokumen organisasi yang dinamakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Di sana, diatur hubungan-hubungan antara manusia di dalam lingkup organisasi PSM UGM, hubungan dengan pihak luar termasuk universitas dan kesepakatan-kesepakatan yang lain.
Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni pertunjukan, PSM UGM sangat berkepentingan dengan konser. Konser dapat terlaksana dengan baik apabila kepanitiaan yang ada terbentuk sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan utama sebuah konser tentunya adalah kerjasama yang baik antara bidang produksi dan bidang artistik. Kerja sama kedua bidang ini mutlak terjadi, namun tanpa melewati organisasi mustahil event atau konser yang sudah direncanakan akan berhasil.



Perkembangan PSM UGM sejak didirikan cukup menggembirakan. Perlombaan dan pertunjukan-pertunjukan telah menjadikan PSM UGM kaya dengan pengalaman dan berhasil menempatkan diri pada tempat yang terhormat di kancah paduan suara nasional. Sejak hal ini dicapai, PSM UGM berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas. Diklat dan konser perdana bagi angkatan baru adalah salah satu perwujudan komitmen tersebut.

Selain itu PSM UGM beberapa kali ditunjuk oleh BSMI (Badan Seni Mahasiswa Indonesia) untuk menjadi panitia penyelenggara Seleksi Daerah Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) untuk kategori Vocal group, dan pernah menjadi penyelenggara Peksiminas Vocal group ketika tuan rumah Peksiminas adalah BSMI DIY.

Tidak hanya aktif mengikuti kompetisi, PSM UGM juga seringkali berpartisipasi dalam event-event musik yang diselenggarakan oleh musisi ternama di Indonesia maupun peringatan-peringatan hari besar tingkat internasional. Beberapa event yang diikuti antara lain : Konser 60 Tahun UGM Peduli, Dwiki Darmawan, World Peace Orchestra (2009); Musicademia – Twilight Orchestra, Konser Siti Nurhaliza, dan Peringatan Hari Pangan Sedunia.

4 komentar:

  1. mb/ mas, saya ingin tu lebih jauh tentang psm.

    yang dimaksud PC (production crew) itu apa, dan tugas nya apa aja
    sayu lagi, kalau saya ingin mendaftar di PC apakah saya harus mempunyai latar belakang di dunia musik, terima kasih

    BalasHapus
  2. eh, yang comment tadi tolong jawabannya dibalaskan di nomer hp aja ya mas/mb?
    di 085329022744, terima kasih

    BalasHapus
  3. apakah kalau mau ikut PSM harus punya bakat musik??(suara bagus, pinter main alat musik)??? kalau hanya sekedar hobi gimana??? apakah boleh???
    dibalas ke zainalfebiyanto@gmail.com saja ya...terimakasih

    BalasHapus